Wanita Tabah Itu Bernama Ummu Syarik.




Wanita tabah itu bernama asli Ghaziyah binti Jabir Ad-Dausiyah. Dari namanya, ia berasal dari suku Ad-Dausiyah yang banyak menyembah arca, dan patung Dzal Khalasah. Nabi Muhammad saw pernah menyebut patung tersebut dalam sabdanya : “Tidak akan bangkit hari kiamat sehingga wanita-wanita Dausi goyah terhadap patung Dzal Khalasah.”

Namun, karna perjuangan Ummu Syarik dalam menyebarkan agama Islam. Allah swt menganugerahkan Ummu Syarik iman yang teguh dan keyakinan yang tangguh. Ummu Syarik, ya Ummu Syarik. Beliau adalah wanita yang tabah menanggung derita karena keislamannya, tanpa sedikit pun berkeluh kesah dan cemas.

Ummu Syarik, walau beliau seorang wanita, tetapi jiwanya merupakan seorang perwira. Allah membuka hati laki-laki melalui ketabahan perempuan ini, Ummu Syarik! Banyak sekali hikmah yang kita dapatkan dari sosok wanita tabah ini, baik tentang ketabahan atau mengenai kerumah tanggaan darinya.




Abul Akr, adalah suami Ummu Syarik. Abul Akr bersama sahabatnya bernama Abu Hurairah saat itu sedang melakukan perjalanan menuju Mekkah untuk bertemu dengan Rasulullah. Maka tinggal Ummu Syarik dirumah seorang diri dan jauh ditinggal sang suami. Ummu Syarik ditinggal dirumah menghadapi teror keluarga suaminya yang tidak suka dengan Islam. Mereka datang dan bertanya, “Apakah engkau telah memeluk Islam?”

“Benar,” jawab Ummu Syarik dengan tegas

“Tidak ada jalan lain, kami akan menyiksamu dengan siksaan yang keras!”ancam mereka. Maka dibawalah Ummu Syarik dengan seekor unta yang amat buruk kondisinya. Mereka memberi Ummu Syarik roti dan madu, namu tidak memberi setetes pun air.

Saat matahari sedang terik-teriknya, mereka membawa Ummu Syarik ke tengah-tengah hamparan pasir, dimana tubuh Ummu Syarik telah benar-benar lemah. Ummu Syarik pun terpanggang. Tenggorokannya kering tanpa air setetes pun. Hampir akal sehatnya hilang. Pendengaran dan penglihatannya menjadi sangat lemah. Tiga hari Ummu Syarik mengalami siksaan tersebut dari keluarga sang suami. Dan ntah berapa kali Ummu Syarik di ancam untuk meninggal kan agamanya, yakni Islam.

 

bersambung...

 

Leave a Reply