Diriwayatkan dari Abu Umamah ra, ia bercerita : Rasulullah saw berdiri di hadapan khalayak dan bersabda, “ Sesungguhnya Allah mewajibkan haji bagi kalian.” Tiba-tiba saja seorang Arab Badui berdiri dan bertanya, “Apakah tiap tahun?” Nada suara Rasulullah saw sontak meninggi, Beliau marah.

Untuk beberapa saat Beliau diam, kemudian bertanya, “Siapa yang bertanya ini?” Orang badui tersebut pun menjawab, “Aku wahai Rasulullah.” Rasulullah bersabda, “Celakalah engkau! Mungkin engkau akan senang jika aku menjawab ya. Jika aku menjawab ya, niscaya itu wajib. Jika wajib dan kalian meninggalkannya, maka kalian berarti mengingkari (kufur). Sungguh, telah binasa sebelum kalian umat yang mempersulit. Demi Allah, andaikata aku menghalalkan segala yang ada dibumi bagi kalian, dan kuharamkan bagi kalian seperti kapal keledai, niscaya kalian akan jatuh didalamnya”

Kemudian Allah swt menurunkan ayat, “ Wahai orang–orang yang beriman! Janganlah kamu menanyakan (kepada Nabi mu) hal-hal yang jika diterangkan kepadamu (justru) menyusahkan kamu. (QS. Al-Maidah : 10)




Diriwayatkan dari Abu al-Bukhturi, dari Ali ibn Abi Thali ra, ia berkata : Ketika diturunkan ayat : “ Dan (di antara ) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, yaitu bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana.” (QS. Ali-Imran :97)

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, ia menyebutkan bahwa Rasulullah saw berkhutbah, “ Wahai manusia, sesungguhnya Allah telah mewajibkan haji bagi kalian.” Seseorang berdiri dan bertanya, “Apakah setiap tahun, wahai Rasulullah?” Rasulullah mendiamkannya,hingga orang tersebut mengulangi pertanyaannya sebanyak tiga kali. Rasulullah saw lalu menjawab, ‘Andaikata kujawab ya, niscaya ia akan diwajibkan bagi kalian. Dan, apabila diwajibkan, niscaya kalian tidak akan sanggup melaksanakannya. Oleh karena itu, tinggalkanlah hal yang tidak aku sampaikan kepada kalian. Jika aku melarang sesuatu, tinggalkanlah. Dan, jika aku memerintahkan sesuatu, laksanakanlah semampu kalian.” Ia menuturkan bahwa ayat dalam surah al-Maidah ini diturunkan berkenaan dengan hal tersebut: Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu menanyakan (kepada Nabimu) hal-hal yang jika diterangkan kepadamu (justru) menyusahkan kamu.”  (QS.Al-Maidah : 101)