Dalam beberapa bulan terakhir, masyarakat London dipimpin oleh seorang wali kota muslim, yaitu Sadiq Khan, seorang keturunan Pakistan. Meskipun islamophobia di Eropa, termasuk Inggris, masih menjadi isu yang hangat, Sadiq Khan berhasil mengalahkan lawannya Zac Goldsmith setelah melewati perhitungan yang cukup panjang.

Sadiq Khan yang merupakan pimpinan Partai Buruh berhasil memenangkan 57% suara. Sementara lawannya Zac Goldsmith dari Partai Konservatif hanya memperoleh 45,6% suara. Seperti yang diungkapkan harian businessinsider.co.id, berikut ini beberapa hal tentang seorang Sadiq Khan yang belum banyak masyarakat tahu.

1. Putra seorang supir bus




Kedua orangtua Sadiq Khan merupakan imigran dari Pakistan di London. Ayahnya berprofesi sebagai supir bus selama lebih dari 25 tahun dan ibunya bekerja menjahit untuk membantu penghasilan keluarganya.

2. Anak kelima dari delapan bersaudara, Khan bersekolah di Ernest Bevin College

Sadiq Khan dan saudara-saudaranya bersekolah di sekolah lokal, di mana para gurunya selalu mengajarkan arti kerja keras. Sudah tertanam dalam dirinya bahwa siapapun yang ingin berkuliah maka harus bisa melakukannya. Khan melepas status MP-nya agar bisa berkonsentrasi pada rencananya menjabat sebagai wali kota.

3. Khan melanjutkan sekolah di University of North London mengambil jurusan hukum

Saat itu Khan dan istrinya sempat kembali tinggal di rumah orangtuanya. Setelah lulus ia menjadi seorang pengacara HAM dan beberapa kali menjadi rekan para pengacara yang jauh lebih senior.

4. Sebagai pengacara, Khan pernah memiliki klien kontroversial

Khan berujar bahwa ia pernah memiliki klien yang kasar, menyebalkan, dan karakter yang buruk.

5. Mengawali karir politiknya (2003) ketika ada kesempatan memperoleh kursi di wilayah Tooting

Menurut Sadiq Khan, jika memiliki kasus yang bagus, seorang pengacara dapat membantu seseorang atau bahkan ratusan orang. Namun, menjadi bagian dari parlemen yang bisa membuat dan mengubah aturan, seorang politisi bisa membantu sampai jutaan orang.

6. Sebagai wali kota, Sadiq Khan akan berkonsentrasi pada isu krisis perumahan di London

Khan berencana membangun ‘London Living Rent’ yang berharga terjangkau sehingga bisa mengatasi krisis perumahan di London. Menurutnya kebijakannya ini cukup menantang mengingat ia akan bekerja sama dengan pemerintahan dari kelompok Konservatif.