Masjid Shah Cheragh di Iran, Masjid Bertabur Jutaan Kristal.




Kadang saat kita ke masjid untuk shalat, secara tak langsung kita pasti juga memperhatikan segala bentuk dan hal dari masjid tersebut, kan? Misalnya gaya arsitektur masjid, bentuk, desain, tata letak, dan banyak lagi hal lainnya yang menjadi penilaian kita terhadap sebuah masjid. 

Nah, hal ini mungkin akan kamu lakukan saat kamu berada di masjid Shah Cheragh, Iran. Jika kamu berada di luar masjid, apalagi kalau itu adalah kunjungan perdana kamu ke masjid ini, maka kamu akan beranggapan bahwa masjid ini biasa saja seperti masjid pada umumnya.

Tapi tunggu dulu, ingat ya kita tak boleh menilai segala sesuatunya berdasarkan penampakan dari luarnya saja. Penilaian kamu terhadap masjid Shah Cheragh akan langsung berubah saat kamu melangkahkan kaki ke bagian dalam masjid. Dipastikan kamu akan berdecak kagum dengan keindahan bagian dalam masjid.




shah-dalam

                                                                sumber twitter.com

Masjid Shah Cheragh yang terletak di Shiraz Iran ini memiliki keindahan bak taburan jutaan berlian yang begitu kemilau.  Shah Cheragh adalah monumen dan masjid dengan arsitektur menakjubkan yang ada di Shiraz, Iran. Dilansir Bored Panda, masjid ini dijuluki ‘raja cahaya’ karena interiornya yang berkilauan. Kristal hijau yang menghiasi setiap dinding dan langit-langit masjid seakan saling memantulkan cahaya, menciptakan ilusi optik yang memukau dari berbagai sudut.

Interior masjid Shah Cheragh yang berkilau dan saling memantulakan cahaya membuat kita mengira bahwa itu adalah berlian beneran. Namun ternyata, interior masjid ini bukan dihiasi oleh batu berlian ataupun permata, melainkan hanya dihiasi oleh jutaan pecahan kaca atau cermin. Nah, cermin-cermin inilah yang kemudian memantulkan atau memendarkan cahaya, baik cahaya yang berasal dari matahari maupun cahaya dari lampu di dalam masjid Shah Cheragh sendiri. Ah ternyata hanya kumpulan cerminan yang sederhana plus murah, tapi dengan penataan yang pas dan bagus, menjadikan masjid ini terlihat luar biasa indah.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

                                                                               sumber blog.autoeurope.ca

Leave a Reply