Upaya berbakti kepada orang tua agar keberkahan senantiasa menyelimuti kehidupan kita yang berikutnya adalah

2. Bersabar

Sabar adalah kunci utama dalam hidup, terutama saat musibah datang. Namun, ini juga penting dalam kita bersikap kepada orang tua. Allah swt telah mengatakan bahwa kita hendaknya memperlakukan orang tua kita dengan ihsan, yang berarti kita harus bersikap baik kepada mereka sepanjang waktu. Bersikap baik kepada orang tua termasuk didalamnya adalah bersabar dalam menghadapi mereka.

Kesebaran kita perlukan saat memberikan upaya terbaik untuk membahagiakan orang tua atau saat kita harus melayani kebutuhan dan urusan mereka.  Mungkin beberapa di antara kita memiliki orang tua yang berlainan aqidah, maka pada situasi seperti ini juga diperlukan kesebaran dalam menghadapi perbedaan yang ada. Kesabaran akan membawa kita untuk memahami bahwa setiap situasi sulit adalah sebuah ujian yang akan menaikkan derajat kita.  Selain itu, kita pun harus bersyukur setiap harinya karena memiliki agama yang menjadi pedoman untuk menjaga kita di jalan yang benar.




Bersabar bukan berarti kita mengabaikan atau bahkan menghindari mereka karena kita merasa sulit jika berada di sekitar mereka. Bagaimana pun kita tidak bisa melakukan hal tersebut.

“… maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah…’ dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.” (QS. Al Isra[17] : 24)

Kita jangan salah paham dengan maksud dari ayat ini. Dalam rangka kita jangan berkata ‘ah…’, bukan berarti kita menghindari percakapan dengan mereka, dan memilih diam. Bersembunyi dalam kamar ketika ada masalah dengan orang tua bukanlah bagian dari sikap sabar.

Sebagian besar dari kita pernah berpikir, “Orang tuaku bersalah, aku berhak mendapatkan perlakukan yang lebih baik.” Pikiran ini hanya akan memperburuk suasana. Kita saling menyalahkan dan mencari-cari kesalahan masing-masing.

Orang tua, mereka adalah pihak yang disebutkan oleh Allah Swt dalam Al Quran. Allah Swt pun sungguh Maha Mengetahui bagaimana kita bertahan dan upaya yang kita lakukan untuk bersabar kepada orang tua kita. Karena itu, apapun kondisinya Allah Swt memerintahkan agar kita tetap bersikap ihsan kepada mereka. Bukankah doa yang mereka panjatkan adalah sesuatu yang sangat berharga untuk kita peroleh? Ketika mereka menerima sikap kita yang membuatnya senang, insya Allah, mereka pun akan menghargai meskipun kita berselisih pendapat.

bersambung…

oleh : An Nisaa Gettar

 

Baca juga :

Meraih Berkah, Berbakti Kepada Orang Tua (Bag 1)