Sebagaimana telah dibahas sebelumnya bahwa upaya berbakti kepada orang tua agar senantiasa berkah hidup kita adalah dengan menyadari kedudukan orang tua dan bersabar. Selanjutnya upaya berbakti kepada orang tua yang dapat kita lakukan adalah:

3. Selalu membalas apapun dengan kebaikan

Meskipun kita mungkin sedang struggle karena adanya perbedaan prinsip, berselisih, atau masalah dengan orang tua, kita tetaplah harus bersikap santun kepada mereka. Bahkan kita sebagai anak harus membuat mereka senang apapun situasi yang sedang terjadi. Kita harus menunjukkan keindahan akhlak sebagai muslim. Mengerjakan hal-hal sederhana seperti merapikan rumah, membelikan kue, atau membuatkan secangkir teh untuk mereka sungguh dapat menyenangkan hati mereka terlepas apapun masalah yang sedang terjadi.

Bagaimanapun mereka adalah orang-orang yang paling berjasa dalam hidup kita. Karena itu Allah Swt memberikan pahala-Nya jika kita berbakti pada keduanya. Dengan tetap bersikap santun dan berbakti, insyaAllah Allah Swt pun akan meridhoi apa yang kita lakukan.




Terkadang mungkin kita hilang kesabaran, namun jika niat kita karena Allah Swt, insya Allah motivasi positif akan mengiringi upaya kita. Ingat pula bahwa Allah Swt bahkan melarang kita untuk berkata ‘ah’ apalagi jika sampai melawan dan durhaka. Naudzubillah.

Selalu ingat dan mendekatlah kepada Allah Swt, sehingga kita akan selalu terjaga dari hal-hal yang dilarang dan dibenci-Nya.

“… Jika ia mendekat kepada-Ku sejengkal maka Aku mendekat kepadanya sehasta. Jika ia mendekat kepada-Ku sehasta maka Aku mendekat kepadanya sedepa. Jika ia datang kepada-Ku dengan berjalan maka Aku datang kepadanya dengan berlari-lari kecil.” (Hadits Qudsi)

1 2