Masa remaja adalah masa-masa yang menyenangkan. Masa di mana seseorang sedang asyik-asyiknya memperluas pertemanan dan mencoba hal-hal baru. Remaja merupakan tahapan saat seseorang bertumbuh dengan dinamis, semangat, produktif, energik, dan berkemauan keras.  Mereka begitu semangat dan mudah terpengaruh oleh lingkungan.

Remaja juga memiliki pergerakan dinamis sehingga ingin mencoba segala sesuatu yang ada di depan mereka. Karena itu, masa remaja adalah masa di mana seseorang sangat membutuhkan perhatian, khususnya dari orang tua. Di sisi lain kemauan kuat para remaja inilah yang tidak jarang mengiringi sifat keras kepala, berontak, dan sulit untuk diingatkan.

Allah Swt menyampaikan lewat firman-Nya bahwa masa remaja adalah episode di mana kekuatan berada di antara dua kelemahan, yaitu kelemahan masa anak-anak dan kelemahan masa tua.




“Allah, Dialah yang menciptakan kamu dari keadaan lemah, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah lemah itu menjadi kuat, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah kuat itu lemah (kembali) dan beruban…” (QS. Ar Rum [30]: 54)

Syaikh Al Qaradhawi dalam hal ini menyimpulkan bahwa kekuatan yang memisahkan di antara kelemahan pertama dan kelemahan kedua adalah kekuatan masa remaja.

Remaja adalah sosok penuh kekuatan, karena itu jangan sampai kekuatan tersebut hilang atau salah arah. Perhatian dan pengarahan dari orang tua dan lingkungan sekitar agar remaja tidak tersesat menjadi sesuatu yang sangat penting dan urgent untuk dilakukan.

Lalu, bagaimana dengan remaja di sekitar kita?

Beberapa dari kita mungkin memiliki anak remaja, mungkin adik, keponakan, atau tetangga. Bagaimana kondisi mereka? Apakah mereka adalah para remaja yang berprestasi dan rajin beribadah? Ataukah sebaliknya?

Mari sejenak kita mengamati lingkungan di sekitar kita. Kalaupun kita tidak memiliki keluarga atau saudara yang masih remaja, mungkin kita bisa menemukan mereka di sekitar rumah. Sudah menjadi fenomena yang mudah kita temukan, pemandangan aktivitas remaja di luar sekolah. Mulai dari para remaja yang kita jumpai di pusat perbelanjaan, mall, kafe, atau bahkan rental video games.

1 2