5 Masjid yang Menarik Dikunjungi Traveler Muslim




Masjid merupakan sebuah tempat bagi muslim untuk melaksanakan ibadahnya kepada Sang Pencipta. Masjid merupakan sebuah tempat yang menyatukan seluruh umat muslim di bawah payung Islam, di mana tidak ada norma duniawi yang membedakan mana superior dan mana inferior. Islam adalah agama kedamaian, serta menyenangi keramah-tamahan dan keseteraan, di mana nilai-nilai ini bisa kita temukan dalam sebuah masjid. Umat muslim membangun masjid dan mempercantiknya, menunjukkan keabadian arsitektur Islam.

Ada begitu banyak masjid di berbagai belahan dunia, dan beberapa di antaranya merupakan saksi sejarah. bahwa Islam telah tersebar di seluruh dunia dan telah mempengaruhi berbagai budaya. Artikel ini akan bercerita tentang 5 masjid di dunia di mana setiap muslim harus berkunjung dan shalat di sana setidaknya satu kali.

Tidak ada muslim di dunia yang tidak mendambakan berkunjung ke Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Keduanya merupakan daftar utama masjid di mana setiap muslim ingin mendatanginya dan beribadah di sana. Di sini akan disampaikan masjid-masjid lainnya yang dibangun di berbagai belahan dunia yang juga menarik untuk kita kunjungi. Kita lihat yuk!




1. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin Brunei

(Foto: ilmfeed.com)

(Foto: ilmfeed.com)

Dipimpin oleh seorang Sultan, Brunei merupakan salah satu destinasi wisata di Asia. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin terletak di ibukota negara Bandar Seri Begawan. Masjid ini merupakan personifikasi dari arsitektur moderen Islam yang dibangun pada tahun 1958. Seperti nama yang disematkannya, masjid ini merupakan masjid kerajaan yang dibangun di atas kolam artifisial dan terbentang di tepi Sungai Brunei. Arsitektur masjid ini merupakan perpaduan antara gaya Mughal dan Itali. Dikelilingi oleh rerimbunan pohon dan kebun yang menghijau, masjid ini merupakan tempat mempesona yang tepat masuk ke dalam daftar masjid yang harus dikunjungi.

2. Masjid Shah Faisal, Pakistan

shah-faisal

Masjid Shah Faisal adalah masjid terluas di Asia selatan dan terluas keempat di dunia. Terletak di ibukota Islamabad, masjid ini merupakan hadiah bagi muslim Pakistan dari Raja Shah Faisal Arab Saudi dan dapat diisi hingga lebih dari 10.000 jamaah. Masjid ini memiliki desain moderen dan bergaya arsitektur Turki. Islamabad sendiri dinilai sebagai salah satu ibukota paling indah kedua di dunia, dan sekarang kita pun tahu yang menjadi salah satu alasannya.

3. Masjid Hassan II, Maroko

(Foto: ilmfeed.com)

(Foto: ilmfeed.com)

Diselesaikan pada tahun 1993, Masjid Hassan II merupakan masjid tertinggi dan terluas ke tujuh di dunia. Minaret masjid ini memiliki 60 lantai, dengan bagian paling menakjubkannya terletak di bagian atas, yaitu berupa sinar laser yang memancar ke arah Mekah. Pesona lainnya adalah lantai gelas pada area shalat di mana kita bisa melihat air laut di bawahnya. Lebih dari itu semua, Masjid Hassan II mampu menampung 105.000 jamaah dalam sekali shalat berjamaah. Ingin menjadi salah satunya bukan?

4. Masjid Biru, Turki

(Foto: ilmfeed.com)

(Foto: ilmfeed.com)

Salah satu masjid yang terkenal di dunia adalah Masjid Biru (Blue Mosque) yang telah berdiri sejak tahun 1600-an di kota Istanbul, Turki. Masjid ini dibangun pada masa pemerintahan Sultah Ahmet. Masjid ini dikenal dengan sebuatan masjid biru karena dinding di dalamnya dilapisi dengan keramik berwarna biru. Masjid Biru merupakan salah satu tujuan wisata di Istanbul. Namun masjid ini ditutup untuk non-muslim jika waktu shalat tiba. Menikmati keindahan masjid yang seindah kristal biru, shalat di masjid ini pun memberikan pengalaman yang luar biasa.

5. Masjid Agung Sheikh Zayed, UEA

(Foto: ilmfeed.com)

(Foto: ilmfeed.com)

Uni Emirat Arab (UEA) adalah salah satu destinasi wisata dunia, termasuk di dalamnya kota Dubai, Abu Dhabi, dan beberapa tempat lainnya. Dubai dan Abu Dhabi memang tidak pernah gagal mengejutkan dunia dengan perkembangan dan kemajuan kotanya. Di sana kita akan menemukan tempat perbelanjaan terbesar atau bangunan tertinggi di dunia. Masjid Agung Sheikh Zayed adalah salah satu contohnya. Terletak di kota Abu Dhabi, masjid ini merupakan contoh dari arsitektur Islami yang menawan dan kontemporer. Masjid ini pun terbuka untuk setiap pengunjung yang ingin mengeksplor dan mengagumi kecantikannya.

(Sumber: ilmfeed.com)

 

Leave a Reply