Seseorang yang syahid di sisi Allah mendapatkan tujuh keistimewaan: Allah mengampuni dosanya sejak awal perjalanan jihadnya…” (HR. Tarmidzi dan Ibnu Majah)

Diriwayatkan dari Syidad bin al-Had ra, bahwa ada seorang lelaki Arab Badui datang kepada Rasulullah saw, kemudian lelaki tersebut menyatakan beriman dan mengikuti ajaran Rasulullah saw. Lalu orang orang itu berkata, “Aku berhijrah mengikuti ajaranmu.”

Kemudian Rasulullah saw berpesan kepada para sahabat tentang orang tersebut. Setelah kembali pmd dari suatu peperangan, Rasulullah saw memperoleh harta rampasan perang. Rampasan tersebut dibagi-bagi untuk beliau dan para sahabat. Orang Badui tersebut pun mendapat bagian. Namun, orang Badui itu tidak kelihatan. Ketika suatu hari ia berada di tengah-tengah nfl jerseys cheap sahabat, para sahabat memberikan harta tersebut kepadanya.




Orang Badui tersebut bingungĀ  dan bertanya, “Apa ini?”. Para sahabat menjawab, “Bagian (jatah) mu yang telah disisihkan oleh cheap jerseys Rasullah saw.” Mendengar jawaban tersebut, cheap MLB Jerseys orang Badui itu datang dan bertanya langsung pada Rasulullah, “Apakah ini ya Rasulullah?” Rasulullah saw pun menjawab, “Aku telah menyisihkannya untukmu.”

“Aku mengikutimu bukan untuk memperoleh seperti ini, tetapi agar aku terkena anak panah disini,” ujar lelaki itu sambil mengisyaratkan anak panah ke lehernya, “Sehingga aku menemui ajalku dan masuk surga.”

Rasulullah saw bersabda, “Jika engkau jujur kepada Allah, niscaya Allah percaya dan akan mengabulkan keinginanmu.”

Ia terdiam sejenak, kemudian bangkit untuk ikut serta memerangi musuh. Setelah itu, datang seseorang menggotongnya sambil membawa pedang. Dia terluka dibagian sebagaimana yang ia isyaratkan, lehernya.

Rasulullah saw bertanya, “Apakah ini orang Badui yang itu?” Para sahabat menjawab, “Benar.”

Rasulullah saw kemudian bersabda, “Ia jujur kepada Allah maka Allah memenuhi permintaannya.”

Setelah itu, Rasulullah saw mengafaninya dengan baju jubah beliau, kemudian menshalatkannya. Di antara doa yang dipanjatkan Rasulullah Cheap Jerseys saw, untuknya adalah, “Ya Allah, ini adalah hamba-Mu. Ia keluar dari kabilahnya untuk berhijarah menuju jalan-Mu, cheap football jerseys kemudian mati syahid karena terbunuh, dan aku menjadi saksi atas yang demikian itu.” (HR.Nasa’i)

Para sahabat Rasulullah saw adalah teladan. Mereka senantiasa berjuang di medan perang untuk menegakkan kemuliaan Islam di muka bumi. Mereka tidak hanya memberikan harta benda, tetapi juga nyawa demi menggapai kesyahidan.

Pada zaman sekarang yang nyaris tidak ada perang, bukan berarti tidak ada usaha yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan kesyahidan. Menurut Ibnu Taimiyyah, jihad adalah mencurahkan segenap kemampuan untuk mencapai apa yang dicintai Allah dan menolak semua yang di benci Allah swt.

Dalam artikel sebelumnya juga telah kita bahas tentang apa saja arti luas mengenai jihad. Dimana Ibnu Qoyyim menjabarkan ada tiga jenis jihad, dan masing-masing telah kita bahas pada artikel sebelumnya.

bersambung…

 

Oleh : Chairunnisa Dhiee (sumber buku ‘200 Amalan Shaleh Berpahala Dahsyat’ karya Abdillah F. Hasan)