Setiap sendi yang terdapat di tubuh manusia harus diberi sedekah. Setiap hari pada waktu matahari terbit, kamu mendamaikan dua orang (yang bersengkata) termasuk bersedekah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Perselisihan antarsesama adalah hal yang lumrah. Hubungan dengan tetangga, saudara, teman, bahkan suami dan istri tidak selalu berjalan mulus. Kadang-kadang terjadi konflik dan perselisihan dalam hubungan tersebut.

Sejarah telah membuktikan bahwa dari waktu ke waktu perselisihan selalu ada. Dari kasus antara Qabil dan Habil hingga berbagai kasus di zaman yang serbacanggih ini, akibatnya perselisihan pun muncul semakin beragam. Dari yang ringan seperti tidak saling menyapa, sampai dengan adu fisik atau anarkisme.




Meskipun perselisihan merupakan hal alamiah, agama memberi petunjuk agar umat Islam senantiasa menyelesaikan perselisihan dengan jalan bijaksana. Agama Islam mengajarkan umatnya agar tidak mendiamkan orang yang berselisih, apalagi sampai saling mendiami sampai lebih dari tiga hari. Hal ini sebagaimana sabda cheap jordans online Rasulullah saw,

Tidak halal bagi seorang muslim ray ban sunglasses sale mendiamkan saudaranya lebih dari tiga hari; saat cheap nba jerseys keduanya bertemu yangg ini berpaling dan yang lain juga berpaling. Yang paling baik dari keduanya adalah yg memulai mengucapkan salam” (HR.Abu Daud)

Batasan ini diberikan agar pihak yang berselisih saling berintropeksi diri dan juga saling menahan diri. Jika perselisihan tersebut sulit di damaikan, sebaiknya lakukanlah atau mengambil pihak ketiga (mediator) yang dipercaya oleh kedua pihak untuk menjadi penengah.

Menjadi mediator dalam suatu perselisihan tidaklah mudah. Bisa jadi mediator tersebut dianggap tidak adil, berat sebelah, atau tidak melakukan pembelaan secara objektif. Oleh karena itu, mendamaikan orang yang berselisih membutuhkan kesabaran, kebijaksanaan, dan kecerdasan dalam berkomunikasi.

Keutamaan orang yang mendamaikan pihak-pihak yang berselisih disebutkan dalam hadits yang di riwayatkan dari Abu Darda ra, Rasulullah saw bersabda, “Maukah kalian kuberitahu suatu jordans for sale perkara yang lebih utama daripada derajat shaum, shalat, dan sedekah?” Para sahabat berkata, “Tentu saja, ya Rasulullah!” Beliau bersabda, “Pekara itu adalah mendamaikan cheap nfl jerseys perselisihan karena perselisihan itu membinasakan.” (HR. Ahmad dan Ibnu Hibban)

Dalam hadits lain disebutkan bahwa orang yang Whitening mendamaikan perselisihan ibarat telah bersedekah. Riwayat Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah ra, menyebutkan bahwa Rasulullah saw, bersabda, “Setiap sendi yang terdapat di tubuh manusia harus diberi sedekah. Setiap hari pada waktu matahari terbit, kamu mendamaikan dua orang (yang bersengketa) termasuk bersedekah. Kamu membantu seseorang menaiki tunggangan atau menaikkan barangnya ke atas tunggangannya juga termasuk bersedekah. Perkataan yang baik juga merupakan sedekah. Setiap langkah untuk melakukan shalat juga sedekah. Menyingkirkan hal-hal yang membahayakan (pejalan) di jalanan juga merupakan sedekah.”

 

Oleh: Chairunnisa Dhiee (sumber : buku ‘200 Amal Saleh Berpahala Dahsyat’ karya Abdillah F.Hasan)