Allah berfirman, “Allah yang menjadikan untuk kalian malam sebagai waktu untuk beristirahat dan siang berusaha. Sesungguhnya Allah memiliki keutamaan atas manusia, tetapi kebanyakan manusia tidak bersyukur.” (QS. Al Mu’min: 61)

Dalam ayat yang lain Allah berfirman, “Dan karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya mencari sebagian karunia-Nya (pada siang hari) dan agar kamu bersukur kepada-Nya.” (QS. Al Qashash: 73)

Imam al-Alusi mengatakan, “Allah telah menjadikan bagi manusia peredaran waktu setiap hari secara Cheap Ray Ban Sunglasses teratur seiring pergantian siang dan malam. Siang dikhususkan untuk berusaha dan bekerja, sementara malam dikhususkan untuk beristirahat dan tidur. Allah menjadikan malam dalam keadaan gelap dan dingin. Udara yang dingin pada malam hari menjadi sebab lemahnya kekuatan yang menggerakkan tubuh dan kegelapan pada malam hari melahirkan ketenangan pada perangkat indriawi.




Selain itu, Allah membagi-bagi siang dan cheap jerseys malam ke dalam beberapa bagian tertentu. Dimulai pada akhir malam, kira-kira sepertiga malam, manusia bangun untuk mendirikan shalat malam, kemudian shalat Subuh. Di tengah hari Allah mewajibkan shalat Dzuhur dan memberikan waktu untuk sejenak beristirahat, kemudian memerintahkan agar kita menjaga shalat wustha (shalat Ashar), kemudian mendirikan shalat Maghrib dan Isya. Allah juga menganjurkan kita untuk melakukan ibadah lain pada malam hari selain shalat tahajud, seperti dzikir, membaca Al Qur’an, dan lain-lain.

Karena itu, nyaris sepanjang malam, kecuali pada sepertiga malam, seluruhnya dipergunakan untuk beristirahat, sementara waktu siang dipergunakan untuk bekerja dan beraktivitas kecuali sebagian kecil wholesale nfl jerseys darinya, yaitu waktu Dzuhur. Pembagian waktu seperti ini sangat sesuai dengan perputaran jam biologis yang mengatur sistem kerja seluruh bagian tubuh manusia.

Perputaran biologis adalah perputaran Cheap NFL Authentic Jerseys atau perubahan aktivitas metabolisme setiap makhluk hidup dengan seluruh organ yang dimilikinya dari keadaan paling rendah hingga keadaan paling tinggi, kemudian kembali pada keadaan paling rendah. Perputaran itu tidak pernah berubah dari waktu ke waktu sejak zaman lampau hingga Wholesale Jerseys masa yang akan datang. Jam biologis merupakan salah satu keistimewaan penting yang dimiliki setiap makhluk hidup, baik yang bersel satu maupun yang bersel banyak seperti manusia.

Dalam bidang biologi, ilmu yang mempelajari perputaran atau perubahan aktivitas metabolisme makhluk hidup itu disebut kronobiologi. Kronobiologi secara khusus mempelajari dan un menganalisis fenomena perputaran atau siklus yang berlangsung pada suatu organisme hidup dan penyesuaiannya dengan peredaran matahari dan bulan. Perputaran atau siklus itu disebut ritme biologis atau jam biologis.

Kajian kronobiologi meliputi studi tentang anatomi perbandingan, fisiologi, genetika, biologi molekular, dan perilaku organisme. Manusia, sebagai makhluk hidup dengan jaringan sel dan sistem metabolisme yang sangat rumit tentu saja memiliki ham biologis yang mengatur dan menjadwal aktivitas seluruh organ tubuh serta jaringan pernapasan, saraf, dan sistem pencernaannya.

bersambung…

(Sumber: Mukjizat Kesehatan Ibadah oleh Dr. Jamal Elzaky)