Aktivitas semua organ tubuh manusia itu diatur dan dikendalikan oleh sebuah organ tubuh di bagian tengah otak yang disebut hipotalamus. Organ ini bekerja mengatur jadwal kerja organ-organ tubuh lain. Hipotalamus bekerja dengan menerima rangsangan cahaya. Pada pagi hari, ketika matahari mulai terbit, cahaya matahari memasuki mata kemudian sampai di retina dan diubah menjadi sinyal saraf. Cheap Oakleys Sinyal itu diteruskan oleh saraf mata kepada NFL Jerseys China hipotalamus. Kuatnya rangsangan cahaya ini berdampak negatif terhadap kinerja hipotalamus dan memaksa kelenjar pineal menekan produksi cheap nfl jerseys hormon melatonin, yang berfungsi merangsang rasa kantuk.

Pengurangan hormon melatonin memengaruhi penambahan tingkat kekentalan darah serta jumlah leukosit (sel darah putih) yang berfungi Cheap Jordans untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Proses itu juga akan menambah aktivitas aliran listrik dalam otak, menaikkan tekanan darah, dan mempercepat detak jantung. Karena itulah tubuh manusia bekerja lebih aktif pada siang hari. Sebaliknya, ketika cahaya matahari meredup dan akhirnya tenggelam pada malam hari, hipotalamus kembali aktif memberikan rangsangan kepada kelenjar pinel agar menambah produksi melatonin. Akibatnya, timbul rasa kantuk hebat yang memaksa tubuh untuk mengurangi aktivitas.

Begitulah jam biologi manusia bekerja sesuai dengan ketentuan Ilahi yang tak berubah Kek sepanjang masa. Jam biologis itu bekerja mengikuti sunnatullah yang memperedarkan siang dan malam. Seluruh peran, fungsi, dan anggota tubuh manusia bekerja secara menyeluruh dan seimbang yang semuanya bertujuan untuk menciptakan kebaikan tubuh bagian atas (yang meliputi kehidupan, keselamatan, kesempurnaan, dan ketundukannya).




Sebagai contoh, pada waktu tengah hari, jaringan sel saraf bekerja, begitu pula jantung peredaran darah dan jaringan pernapasan untuk meningkatkan produksi hormon yang memicu organ-organ tubuh untuk beraktivitas seperti hormon kortisol yang puncak produksinya terjadi pada pagi hari dan hormon lain yang mendorong produksi hormon kortisol. Hormon kortisol diproduksi oleh kelenjal kecil seberat 4 gram yang melekat pada ginjal.

Kortisol memiliki beberapa fungsi, di antaranya mengatur aktivitas transformasi (pengubahan) karbohidrat dan mengatur kestabilan kada glukosa dalam darah. Zat-zat di atas merupakan sumber energi yang diperlukan tubuh untuk menjalankan aktivitas. Jadi, hormon kortisol berperan penting bagi kelancaran aktivitas tubuh. Dengan kata lain, tingkat aktivitas tubuh berbanding lurus dengan jumlah kortisol. Semakin tinggi kadar kortisol, semakin tinggi kemungkinan tubuh untuk beraktivitas. Selain memproduksi kortisol, kelenjar kecil ini pun memproduksi 30 jenis hormon penting lain seperti adrenalin dan neuro-adrenalin. Kelenjar ini bekerja diperintah oleh kelenjar pituitari (hipofisis).

Pada malam hari, berlangung produksi hormon yang mendorong tubuh untuk beristirahat, bersantai, dan menenangkan diri, yaitu hormon melatonin. Hormon ini mendorong tubuh untuk memproduksi sel-sel baru dan sel darah putih yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Biasanya demam menyerang di malam hari karena pada saat itu hormon kortisol mengalami penurunan. Pada giliran berikutnya, sistem pertahanan tubuh bekerja untuk menggantikan peran hormon kortisol.

Para peneliti menemukan bahwa waktu-waktu shalat bersesuaian secara sempurna dengan waktu aktivitas fisiologis tubuh manusia hingga seakan-akan waktu shalat menjadi pemandu yang menentukan aktivitas tubuh. Sebagaimana telah dikemukakan, hormon kortisol Cheap Jordans mendorong tubuh manuia untuk bekerja aktif.  Produksi hormon kortisol mencapai puncaknya pada waktu terbit matahari, dengan kadar maksimal mencapai 21 miligram.

Jumlah ini bertahan hingga datang waktu Dhuha. Setelah waktu Dhuha, kadar kortisol mulai berkurang hingga mencapai angka 7 miligram pada waktu Dzuhur. Setelah itu hormon kortisol kembali mengalami peningkatan hingga mencapai 16 miligram yang bertahan hingga waktu Ashar, dan seterusnya kembali menurun secara bertahap seiring dengan terbenamnya matahari hingga kadarnya hanya 3 miligram pada pertengahan malam.

(Sumber: Mukjizat Kesehatan Ibadah oleh Dr. Jamal Elzaky)