Jangan Sungkan Untuk Mengucapkan Salam




Seorang muslim tidak akan masuk surga hingga beriman dan tidaklah kalian beriman hingga kalian saling menyayangi. Sesuatu yang apabila dikerjakan akan menimbulkan rasa sayang adalah menyebarkan salam.”

Salam merupakan bentuk ucapan yang digunakan untuk menyapa orang lain. Dalam Islam, salam adalah ucapan Assalammu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh yang berarti semoga keselamatan dilimpahkan kepadamu diiringi dengan rahmat dan barokah dari Allah untukmu.

Salam bukan sekedar ungkapan kasih sayang, melainkan juga bagian dari doa. Orang yang mengucapkan salam kepada orang lain pada hakikatnya mendoakan kebaikan kepada orang tersebut.




Ibnu Arabi Al-Maliki dalam Ahkamul Qur’an mengatakan, “Tahukah kamu arti salam? Orang yang mengucapkan salam itu memberi pernyataan bahwa kamu tidak terancam dan aman sepenuhnya dari diriku. Ketika seseorang mengatakan salam, pada hakikatnya ia berharap kamu sejahtera. Kamu akan selamat dari gangguan dan perlakuan buruknya dan ia akan menghormati hak hidup, kehormatan, dan harga diri kamu.”

Kalangan ulama menganggap hukum mengucapkan salam kepada orang lain adalah sunah, sedangkan menjawabnya adalah fadhu kifayah. Artinya, bila ada seseorang atau lebih mengucapkan salam kepada kelompok tertentu, lalu ada anggota kelompok yang menjawab, gugurlah kewajiban yang lainnya. Namun, Cheap Jordans bila sendirian maka diwajibkan untuk menjawab salam.

Rasulullah saw menganjurkan kita, sebagai umatnya untuk gemar menyebarkan salam antar sesama saudara muslim lainnya. Mengapa? Sebab hal itu akan menumbuhkan benih-benih rasa sayang dan ketulusan saling mendoakan. Itulah salah satu jalan menuju surga.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah saw bersabda, “Kalian tidak akan masuk surga hingga kalian beriman dan tidaklah kalian beriman hingga kalian saling menyayangi . Maukah kalian aku tunjukkan sesuatu yang apabila kalian mengerjakannya niscaya kalian akan saling menyayangi? Sebarkanlah salam di antara kalian.” (HR. Muslim)

Imam Nawawi menjelaskan, dalam hadits ini terdaoat Cheap Oakleys anjuran kuat untuk menyebarkan salam dan menyampaikannya Support, kepada kaum muslimin, baik yang dikenal maupun yang tidak dikenal.

Semakin lengkap mengucapkan salam, maka akan semakin besar pahalanya. oakley sunglasses cheap Imran bin Husein ra, mengisahkan, “Ada seorang lelaki datang kepada Rasulullah saw, denga mengucap ‘assalamu’alaikum’. Setelah menjawab salam, Rasulullah bersabda, ‘Sepuluh’. Kemudian datang orang lain dengan mengucap ‘assalamu’alaikum wa rahmatulaahi’. Sesudah menjawab salam itu, Rasulullah saw berkata, ‘Dua puluh.’ Seleng beberapa waktu kemudian, datang orang lain seraya mengucapkan ‘assalamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakatuh’. Setelah cheap jordans online menjawab salam itu, Rasulullah saw berkomentar, “Tiga pulu.’” (HR. Abu Daud dan Wholesale nfl Jerseys Tirmidzi)

 

Oleh : Chairunnisa Dhiee ( sumber : buku ‘200 Amal Saleh Berpahala Dahsyat’ karya Abdillah F.Hasan)

Leave a Reply