Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan. (1) Dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong. (2) Maka bertasbihlah  dengan memuji Rabbmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat. (3)

Surat Baratas Ray Ban pendek ini membawa berita gembira kepada Rasulullah Saw berupa pertolongan Allah, kemenangan, dan masuknya manusia ke dalam agama Allah secara berbondong-bondong, serta mengarahkan Nabi Saw saat terwujudnya pertolongan Allah, kemenangan dan masuknya manusia ke dalam agama-Nya secara berbondong-bondong, supaya Nabi Saw menghadapkan diri kepada Tuhannya dengan bertasbih, menyampaikan pujian, dan beristighfar.

Selain membawa berita gembira dan mengarahkan Nabi Saw, pada saat yang sama surat ini juga mengungkapkan tabiat aqidah, hakikat manhaj ini, dan sejauh mana agama ini hendak mengantarkan ummat manusia pada ketinggian, kemuliaan, tajarrud (kemurnian), keikhlasan, kemerdekaan, cheap nba jerseys dan kebebasan. Suatu puncak yang tinggi dan bersinar terang, belum pernah dicapai ummat manusia sama sekali kecuali di bawah naungan Islam, serta tidak mungkin dapat dicapai ummat manusia kecuali dengan merespon tujuan yang tinggi lagi mulia ini.




Ada beberapa riwayat tentang turunnya surat ini. Kami memilih sebagiannya yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad:

Telah menceritakan kepada kami Muhammad Application bin Abi ‘Addi, dari Dawud, dari asy-Sya’bi, dari Masruq, ia berkata: Aisyah r.a., berkata, “Di masa akhir kehidupannya, Rasulullah Saw banyak mengucapkan, ‘Subhanallahi, wabihamdihi, astaghfirullah wa atuubu cheap fake oakleys ilaih’ (Mahasuci Allah, dengan segala puji bagi-Nya, aku memohon ampunan kepada Allah dan aku bertaubat kepada-Nya). Nabi Saw bersabda, ‘Sesungguhnya Tuhanku telah memberitahukan kepadaku bahwa aku akan melihat suatu tanda pada ummatku, dan Dia memerintahkanku agar aku bertasbih dengan memuji-Nya dan memohon ampunan kepada-Nya sesungguhnya Dia Maha Penerima taubat. Sungguh aku telah melihat tanda itu.‘” (HR. Bukhari, Muslim, dan Ahmad)

“Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan. Dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong. Maka bertasbihlah dengan memuji Rabbmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat.” (1-3)

(Muslim meriwayatkannya dari jalan Dawud bin Abi Hindun dengan nash ini).

Ibnu Katsir berkata di dalam tafsirnya, “Yang dimaksud dengan kemenangan di sini merupakan pembebasan kota Mekkah.” Hal ini adalah satu kesepakatan. Karena suku-suku Arab menunda keislaman mereka hingga kota Mekkah dibebaskab. Mereka berkata, “Jika dia menang atas kaumnya, maka dia benar seorang Nabi”. Setelah Nabi Saw berhasil membebaskan Mekkah, mereka pun masuk agama Allah dengan berbondong-bondong. Hanya dalam waktu dua tahun, Jazirah Arab menampakkan keislaman mereka. Segala puji dan karunia milik Allah.

Bukhari meriwayatkan di dalam shahih-nya dari Amer bin Salamah, ia berkata, “Pada hari pembebasan Mekkah setiap kaum segera menyatakan keislaman mereka kepada Rasulullah Saw. Suku-suku Arab sebelumnya menunda keislaman mereka hingga kota Mekkah dibebaskan. Mereka mengatakan, cheap jerseys china ‘Biarkan dia dan kaumnya, karena jika dia menang atas mereka maka dia benar seorang Nabi.’” (HR cheap nfl jerseys Bukhari)