Hidup yang halal dan baik akan berbuah kebaikan serta ketentraman. Begitulah. Hidup seorang muslim ibarat pohon. Akarnya adalah iman kepada Allah. Akar itu sekaligus jaminan eksistensinya. Sedang apa yang ia makan, yang ia lakukan, ia perbuat, secara halal dan benar, akan melahirkan buah yang bersih, segar, dan menyenangkan.

Banyak sekali buah dari perangai hidup yang halal dan baik. Tentu yang dimaksud di sini tidak saja dalam soal makanan. Tetapi juga dalam soal pakaian, perbuatan, sikap, bahkan dalam soal perasaan di hati. Bila seluruhnya halal dan baik, buah-buah yang manis berikut ini pasti bisa kita rasakan.

1. Hidup menjadi berkah

Teori tentang berkah memang tidak mudah dicerna secara akal sederhana. Tetapi sebenarnya ia CMDX bisa dirasakan bekasnya. Seorang Cheap Jordans Sale mukmin yang baik pasti punya catatan tentang hari-hari dari kehidupannya, di mana ia bisa merasakan bagaimana berkah yang diberikan Allah, dalam bentuk apapun.




Keberkahan itu kadang Cheap Jordan Sale berupa penyikapan yang benar dari seorang mukmin terhadap segala sisi kehidupan, Berupa hati yang istiqomah menghadapi pasang surut kehidupan. Turunnya nikmat tidak membuat hatinya lupa daratan. Demikian pula datanganya ujian atau cobaan, tidak juga membuat jiwanya tergoncang. Pendek kata, berkah dalam konteks ini adalah karunia Allah terhadap seorang mukmin berupa wholesale jerseys jiwa yang besar, hati yang lapang, sehingga tetap stabil menghadapi apa saja. Dalam pengertian ini, Rasulullah bersabda,, “Ada empat hal yang bila ada pada diri engkau, maka tak ada beban bagimu atas apa-apa yang hilang dari dunia ini. Yaitu, menjaga amanah, berbicara dengan jujur, berakhlak mulia, dan menjaga kebersihan diri.”

Banyak kisah orang-orang beriman yang hidupnya penuh berkah. Apa yang dirasakan Arie Wibowo Lc, misalnya, bisa menjadi salah satu contoh. Pimpinan Pesantren Bagasa Arab dan Tahfidzul Qur’an Darul Fatah Cheap nba Jerseys Lampung tersebut berkata, suatu ketika ia terkena musibah. “Sementara, saat itu apa yang saya miliki hanya pas-pasan. Tetangga dan sanak kerabat menyangka keberkahan dan kebahagiaan dalam keluarga saya telah hilang. Maka saya segera instrospeksi diri. Mulai dari makanan, ibadah, perilaku pribadi. Saya sadar, cheap Oakleys sunglasses kebahagiaan seseorang itu tidak harus diukur dari banyak sedikitnya harta yang diterima, tetapi pada makna, nilai, dan manfaat dari harta itu sendiri. Bagaimana ia disalurkan dalam aktivitas yang bermanfaat. Baik untuk diri sendiri, keluarga maupun masyarakat. Dan yang lebih penting dari semua itu adalah bagaimana cara memperolehnya. Dengan itulah harta bisa membuat jiwa kita lebih bermakna, tentram, dan bahagia. Dan keberkahan hidup pun akan selalu menyelimuti kita,” urainya panjang lebar.

Sejak itu, dalam setiap proses pencarian harta, Arie selalu berprinsip yang halal itu jelas, dan yang haram itu jelas. Saya betul-betul selalu meneliti, bagaimana cara memperoleh harta itu, baru kemana harta itu dimanfaatkan.

bersambung…

(Sumber: Majalah Tarbawi)