Saudaraku,,

Manfaat berbakti pada orang tua, luar biasa besarnya. Berbakti pada orang tua, menjadi salah satu syarat utama руками bagi diterimanya taubat di hadapan Allah SWT. Dalam sebuah hadits diceritakan, ada seorang pemuda mendatangi Nabi SAW dan mengatakan, “Wahai Rasullah aku telah melakukan dosa yang sangat besar. Bisakah aku bertaubat?” Rasul bertanya, “Apakah engkau punya ibu?” Ia mengatakan, “Tidak”. Rasul bertanya lagi, “Apakah engkau mempunyai bibi?” Orang itu mengatakan, “Ya”. Rasul kemudian bersabda, “Berbaktilah padanya.” (HR.Hakim)

Pernah juga seorang pria mendatangi Ibu Abbas ra dan NFL Jerseys Cheap bercerita bahwa ia pernah melamar seorang wanita. Namun wanita itu menolak untuk menerimanya dan malah menerima orang lain yang lebih ia sukai. Pria itu sangat marah dan membunuh wanita tersebut, “Apakah cheap football jerseys saya bisa bertaubat wahai Ibnu Abbas?”.




“Apakah ibumu masih hidup?” itulah pertanyaan pertama yang diajukan Ibnu Abbas ra kepada pembunuh itu. Pria itu menjawab, “Tidak. Lalu Ibnu Abbas mengatakan, “Kalau begitu bertaubatlah pada Allah dan mendekatkan pada Allah  dan mendekatlah pada Allah sedekat yang engkau sanggup.”

Atha bin Yasar ra, bertanya pada Ibnu Abbas, “Kenapa engkau bertanya tentang ibunya?” Ibnu Abbas mengatakan, “Aku tidak tahu amal apa yang lebih mendekatkan kepada Allah kecuali berbakti pada ibu.”

Saudaraku,,

Mendekatlah kesini dan renungkanlah bersama-sama. Pernahkah kita membuat orang tua kita sedih? Pernahkah sikap-sikap kita membuat kecewa orang tua? Pernahkah kita memaharinya? Mengeluarkan perkataan kasar padanya? Membentaknya? wholesale nfl jerseys Pernahkah kita menyia-nyiakan kepercayaannya? Padahal apa yang telah diberikan orang Cheap Jerseys From China tua untuk kita hingga saat ini tak pernah bisa dihitung?

Datang dan bersimpuhlah di hadapannya. Mohonlah maaf kepadanya dan bertekadlah untuk tidak mengulangi lagi tingkah laku yang membuatnya sedih, kecewa, murung. Seandainya, kedua orang tua sudah tiada, bertaubatlah pada Allah, perbanyaklah permohonan ampun kepada Allah untuknya, dan sambunglah hubungan baik dengan kerabat-kerabatnya.

Saudaraku,,

Di akhirat nanti, Allah akan mengangkat derajat seorang hamba shalih di surga dan orang itu mengatakan, “Ya Rabb,, kenapa Engkau mengangkat derajatku sedemikian?” Allah Cheap Football Jerseys menjawab, “Itu adalah karena istighfar yang dilakukan anakmu untukmu.”  (HR. Ahmad dan Thabrani)

Maukah kita tergolong dalam kelompok orang yang dinaikkan derajatnya itu di hari kiamat? “Berbaktilah pada orang tuamu, niscaya anak kalian akan berbuat baik padamu,” itu pesan para salafushalih.

 

Oleh : Chairunnisa Dhiee (sumber : buku ‘Tarbawi’ edisi 69)