Puasa Senin-Kamis, Cari Tahu Keistimewaan Hari Kamis Disini




Suatu ketika salah seorang sahabat bertanya pada Rasulullah SAW, “Wahai Rasul, kenapa engkau berpuasa pada hari Senin dan Kamis?” Lalu Rasulullah nfl jerseys china pun menjawab, “Hari itu saya dilahirkan, hari saya saya di utus, dan di hari itu al-Quran diturunkan kepadaku.” (HR. Muslim, Ahmad, dan Abu Daud)

Pada lain kesempatan, Aisyah ra menuturkan bahwa Nabi saw sangat antusias dan bersungguh-sungguh melakukan puasa pada hari Senin dan Kamis (HR. Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah dan Ahmad). Rasulullah SAW menyampaikan alasan mengapa beliau berpuasa pada kedua hari itu melalui sabdanya, “Amal-amal manusia diperiksa pada setiap hari Senin dan Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. Tirmidzi)

Keutamaan lain hari Kamis 




Keutamaan dari hari Kamis adalah bahwa ia merupakan hari yang diberkahi. Mengapa bisa begitu? Ya, ini tidak lain karena hari cheap fake oakleys Kamis mendapatkan keberkahan doanya Nabi Muhammad SAW. Beliau telah berdoa cheap nhl jerseys untuk umat ini :

Ya Allah, berkahilah umatku di waktu pagi mereka di hari Kamis.” (HR. Ibnu Majah dan Al-Bazzar)

Dalam riwayat lainnya disebutkan pula Rasullah SAW bersabda,

Berpagi-pagilah kalian dalam mencari ilmu. Sungguh aku telah meminta kepada Rabbku agar memberi keberkahan pada umatku di waktu pagi mereka. Dan Dia menjadikan keberkahan itu pada hari Kamis.” (HR.Thabrani)

Keberkahan untuk hari Kamis ini juga tidak hanya disebabkan oleh doa Nabi SAW. Melainkan juga karena adanya sejarah khusus yang terjadi di hari Kamis. Dalam hadits riwayat Thabrani, disebutkan bahwa setelah Rasulullah SAW berdoa meminta keberkahan untuk umatnya,- ‘Pada hari Kamis itu para malaikat yang mengatur urusan-urusan alam diciptakan.’

Hal ini juga dikuatkan oleh hadits riwayat Cheap Jordans Sale Ibnu Jarir dari Abu Bakar ra, bahwa Rasulullah saw bersabda, “Allah menciptakan bumi pada для hari Ahad dan Senin. Dia menciptakan gunung-gunung pada hari Selasa. Dia menciptakan kota-kota, makanan kekuatan, sungai-sungai, kemakmuran dan replica oakleys kerusakannya pada hari Rabu. Dan Dia menciptakan langit dan malaikat pada hari Kamis sampai tiga saat-maksudnya dari hari Jumat.”

Karena keberkahan inilah, maka Rasulullah SAW suka jika pergi keluar pada hari Kamis. Malik bin Ka’ab ra menceritakan, “Beliau suka pergi keluar pada hari Kamsi, kecuali untuk perang.” (HR. Ahmad dan Bukhari)

Dalam buku ‘Manfaat Dahsyat Puasa Senin-Kamis dan Puasa Daud’ yang ditulis oleh Ust. Mahmod asy-Syofrowi, dikatakan bahwa keberkahan adalah tsubut al-khayr al-ilahiy (adanya kebaikan Rabb) atau ziayadah al-khayr yakni bertambahnya kebaikan.

Dari keterangan diatas, maka sesuatu yang berkah berarti ia selalu membawa kebaikan bagi pelakunya. Lalu, apa makna keberkahan hari Kamis dan kaitannya dengan puasa sunnah di hari itu juga? Ya,, jika kita melakukan puasa di hari Kamis, tentu keberkahan itu akan dapat dengan mudah kita peroleh, karena dengan berpuasa kita akan gampang dan merasa ringan untuk melakukan amal-amal kebaikan, dan kita pun dapat menjaga diri dari dosa dan kemaksiatan.

 

Oleh : Chairunnisa Dhiee (dikutip dari berbagai sumber)

Leave a Reply