“Sesungguhnya umatku akan dihadirkan pada hari kiamat dengan wajah, tangan, dan kaki yang bercahaya karena bekas wudhu mereka. Oleh karenanya, barangsiapa di antara kaliam bisa memperpanjang cahayanya, hendak dia lakukan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Setiap Cheap Jordan Shoes orang tentu memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan orang lain, Page baik secara fisik maupun karakter. Kita bisa mengenal saudara, tetangga, dan kerabat karena beragam perbedaan tersebut. Demikian pula dengan Rasulullah saw. Umat beliau yang berjumlah sangat banyak, bahkan paling banyak diantara umat nabi-nabi yang lain, mudah beliau kenali Cheap Ray Ban Sunglasses karena memiliki ciri-ciri tertentu.

Apa itu?




Rasulullah saw pernah mendatangi perkuburan lalu bersabda, “Semoga keselamatan bagi kalian, wahai rumah kaum mukminin. Aku sangat ingin melihat saudara-saudara kami.”

Para sahabat bertanya, “Bukankah kami adalah saudara-saudaramu, wahai Rasulullah ?” Beliau menjawab, “Kalian adalah para sahabatku, sedangkan NFL Jerseys China saudara kami adalah orang-orang yang belum datang berikutnya.”

Para sahabat bertanya lagi, “Bagaimana engkau mengenal orang-orang yang belum datang berikutnya dari kalangan umatmu, wahai Rasulullah?”

Beliau menjelaskan, “Bagaimana pandanganmu jika seseorang memiliki seekor kuda yang wajah dan kakinya putih di antara kuda yang hitam pekat? Bukankah ia bisa mengenali kudanya?” Mereka menjawab, “Betul, wahai Rasulullah.”

Beliau bersabda, “Sesungguhnya mereka (umat Rasulullah saw) akan datang dalam keadaan wajah dan kakinya putih karena wudu, sedangkan aku akan mendahului mereka menuju telaga.”

Begitulah Rasulullah saw mengenali umatnya pada hari kiamat kelak. Apakah kita termasuk orang yang memiliki ciri-ciri tersebut?

Dari kisah diatas kita mengerti betapa pentingnya berwudhu. Sesungguhnya, berwudhu merupakan ibadah yang sangat ringan. Membasuh muka, tangan, sebagian kepala dan kaki, ini tentu tidak seberat berjihad di medan perang. Mungkin karena mudah itulah berwudhu sering sekali gampang ditinggalkan.

Padahal, banyak keutamaan, keberkahan, dan manfaat berwudhu baik dari sisi medis maupun kejiwaan. Cheap Oakleys Dibidang kesehatan sendiri, banyak peneliti yang mengungkapkan bahwa wudu dapat menghilangkan penyakit-penyakit, terutama yang menempel di kulit. Ilmiahnya, pancaran air yang membasahi anggota badan bermanfaat untuk membersihkan kulit dan membuat tubuh semakin segar.

Dan, secara kejiwaan, dengan berwudhu seseorang akan merasa tenang karena ia telah melakukan salah satu bentuk peribadatan yang dianjurkan Allah dan Rasul-Nya.

Kita dianjurkan berwudu kapan saja. Rasulullah saw juga selalu menjaga wudu beliau meski tidak melakukan shalat. Teladan ini juga diikuti oleh para sahabat dan orang-0rang saleh. Mereka selalu berwudhu dalam beragam kondisi, baik Ray Ban Sunglasses saat sempit maupun lapang.

Selain menjadi pertanda umat Rasulullah SAW, pada hati kiamat kelak, wudhu juga akan menjadi pelebur dosa-dosa. Demikian mudahnya melakukan wudhu, tetapi berkah yang kita dapat sungguh istimewa.

 

Oleh : Chairunnisa Dhiee (sumber : buku ‘Betapa Rasulullah Merindukanmu’ karya Abdillah F.Hasan)