Termasukkah Kita Memiliki Semangat Melawan Kemungkaran? (Bag 2)




Dengan membaca, memperluas wawasan, mencari informasi yang banyak, kita bisa mengenal berbagai perkembangan yang terjadi sekaligus menyadari celah-celah yang dilakukan oleh orang-orang yang ingin menyebarluaskan keburukan.

Seseorang yang tidak memiliki informasi tentang seluk beluk tipu daya musuh-musuh Allah, perilaku orang-orang kafir, yang membahayakan masyarakat, sulit menyadari tanggung jawab yang harus ia lakukan menghadapi bahaya seperti itu. Karenanya, Umar bin Khattab ra mengatakan, “Tali Islam ini akan terlepas satu ikatan demi satu ikatan, bila dalam Islam tumbuh orang-orang yang tidak mengenal jahiliyah.” Yang perlu digarisbawahi, pengetahuan terhadap kemungkaran adalah sebatas informasi, dan dengan syarat tidak membawa pengaruh negatif pada diri.

3. Belajarlah dari orang lain




Kita perlu menimba kebaikan dan belajar tentang kehidupan dari orang banyak. Jangan menjadi pribadi yang eksklusif, sulit diajak berbicara dan sulit berkomunikasi dengan orang lain. Mungkin, ada yang menganggap sikap seperti itu baik untuk menghindari tertular hal-hal negatif. Namun pendapat itu harus juga diimbangi dengan noat wajib kita untuk bisa mensosialisasikan kebenaran ke semua orang.

Niat baik seperti ini penting, karena niatlah yang akan memelihara seseorang dari perbuatan yang tidak baik. Dari interaksi, komunikasi, bicara, dialog, atau bahkan sekadar ngobrol, maka pintu hidayah bisa terbuka bagi seseorang.

Hal yang perlu diperhatikan juga dalam hal ini adalah kesiapan dan kekokohan mental seseorang untuk tidak mudah jordan retro 11 larut dan tercemar oleh ragam keadaan lingkungan yang dihadapi. Karena itu, wholesale football jerseys disaat kondisi seseorang dianggap belum mampu melindungi diri, dan belum memiliki imunitas dari pengaruh negatif di suatu komunitas, maka yang sebaiknya dilakukan adalah menghindari komunitas tersebut kepada komunitas lain yang lebih baik, atau menambah kesiapan dirinya untuk memperbaiki komunitas tersebut.

4. Miliki agenda kolektif untuk cegah kemungkaran

Suatu kemungkaran, semakin besar tingkat mungkarnya biasanya semakin besar pula faktor-faktor yang menyangganya. Kemungkaran pemerintahan misalnya, biasanya didukung oleh kekuatan birokrasi, atau kekuatan oknum pelaku bisnis yang mendukungnya dengan dana.

Kemungkaran perjudian, prostitusi, pergaulan bebas dan sebagainya adalah anak-anak kemungkaran yang dilakukan oleh pemerintahan yang menyimpnag. Anak-anak itulah yang cheap nfl jerseys memberi support dan dukungan pada pemerintah tersebut.

Untuk mengatasinya, kemungkaran yang sedemikian besar tentu tidak bisa dilakukan dengan aktifitas individu, melainkan dengan jaringan dan agenda kolektif. Harus dilakukan kampanye anti kemungkaran secara menyeluruh, baik melalui pendekatan kepada para tokoh yang berpengaruh, propaganda, sosialisasi kepada masyarakat, tekanan-tekanan kepada pihak-pihak terkait, termasuk ray ban outlet melakukan aksi-aksi melalui undang-undang yang berlaku dan sebagainya.

Mengingat besarnya peran pemerintahan dalam memunculkan kemungkaran, DR.Yusuf Qardhawi memandang jihad politik sebagai Bildbank salah satu bentuk jihad yang paling besar di zaman oakley sunglasses sale ini. Menurut beliau, penguasaan jalur politik yang baik akan memberi dampak pada berkurangnya bobot kemungkaran yang terjadi di sebuah masyarakat.

Banyak sekali pekerjaan menanti kita. Untuk memperbaiki kehidupan kemanusiaan kita. Untuk menegakkan syi’ar agama kita. Dengan diam tak menjamin keselamatan. Karena kemungkaran bisa menyerang siapa saja.

selesai…

 

Oleh : Chairunnisa Dhiee (sumber : buku ‘Tarbawi’ edisi 45)

Leave a Reply