Life is choice. Hidup adalah pilihan. Bukan pilihan antara hidup atau tidak hidup, melainkan hidup yang dipenuhi dengan pilihan. Karenanya kehidupan pun dijalani dengan menjatuhkan pilihan. Memutuskan. Membuat keputusan.

Setiap hari kita membuat keputusan. Bahkan sejak mata terbuka kali pertama di pagi hari kita harus memutuskan, apakah menarik selimut dan melanjutkan tidur? Atau beranjak dan segera memulai aktivitas. Setelah itu banyak keputusan selanjutnya. Memakai baju apa? Sarapan apa? Berangkat kerja dengan mobil atau bus? Apa yang harus diselesaikan lebih dulu? Dan sebagainya. Sampai-sampai sepertinya kita melewatkan setiap detik yang kita lalui dengan membuat keputusan.

Sayangnya tidak semua hal mudah diputuskan semudah memutuskan mau memakai baju apa kita hari ini. Ada hal-hal tertentu dalam hidup yang membuat kita tidak dapat atau sulit memutuskannya. Tidak jarang kita menjadi tertekan dan stres.




Seorang blogger yang banyak membahas tentang produktivitas, Mohammed Faris, mengatakan bahwa yang wholesale nfl jersyes membuat kita tertekan atau stres bukanlah situasi itu sendiri, melainkan tentang bagaimana kita harus menghadapi situasi tersebut. Hal tersebut yang kemudian membawa kita dalam kebimbangan.

Siapapun kita, tentu kita pernah melewati fase-fase sulit dalam hidup. Sebenarnya kita dapat melewatkan masa itu dengan baik. Cheap Ray Ban Sunglasses Sayangnya, terkadang kita tidak mampu membuat keputusan bagaimana menghadapi situasi tersebut, sehingga kita cheap oakleys pun akhirnya tertekan dan stres.

Misalnya, saya adalah seorang pencari kerja yang tengah mengikuti seleksi pegawai di salah satu para institusi ternama tanah air. Saya tahu bahwa jika berhasil masuk ke sana, saya berkesempatan untuk menorehkan karir yang cemerlang dan mewujudkan mimpi saya berkuliah di luar negeri. Namun ternyata saya gagal di seleksi tahap kelima dari total enam tahapan yang ada. Kegagalan tersebut sudah pasti membuat saya kecewa. Tapi mungkin tidak sampai membuat saya tertekan atau stres. Apa yang membuat saya tertekan adalah jika saya tidak tahu bagaimana saya menghadapi kegagalan tersebut. Saya berkubang dalam kegagalan dan tidak melakukan apapun.

Padahal dalam situasi seperti ini yang harus saya lakukan adalah “Oke, kali ini cheap Oakleys sunglasses saya gagal. Jadi apa yang harus saya lakukan selanjutnya? Pilihan apa saja yang saya punya?” Serta tetap positive thinking sekaligus positive feeling. Saya harus segera meminta nasihat dan meminta masukan kepada tutor, keluarga, atau sahabat. Setidaknya jangan sampai saya diam dan terlarut dalam kegagalan.

Jika kita terlarut dalam kegagalan dan menyesali kenapa situasi yang terjadi bukan apa yang diharapkan, kita pun menjadi stres. Sebaliknya, kita harus menjernihkan pikiran dan membuatnya lebih rileks. Pikiran kita tidak akan memikirkan apa yang telah lalu dan cukup menjadikannya pelajaran, tetapi fokus untuk memutuskan apa yang akan dilakukan selanjutnya. Bagaimanapun kita harus bergerak maju.

1 2