Kebutuhan Negara dan Tanggung Jawab Pemimpin (Bag 3)




Kebutuhan fisiologis juga disebut kebutuhan dasar (basic needs) yang jika tidak dipenuhi dalam keadaan yang sangat ekstrem (misalnya kelaparan), manusia yang bersangkutan bisa kehilangan kendali atas perilakunya sendiri, karena seluruh kapasitas manusia tersebut dikerahkan dan dipusatkan hanya untuk memenuhi kebutuhan dasarnya itu.Sebaliknya, jika kebutuhan dasar sudah tercukupi, muncullah kebutuhan yang lebih tinggi yaitu kebutuhan hockey jerseys akan rasa aman (safety needs). Kebutuhan rasa aman dan perlindungan, dibagi menjadi perlindungan fisik dan perlindungan psikologis. Perlindungan fisik, meliputi perlindungan dari ancaman terhadap tubuh dan kehidupan cheap nfl jerseys seperti kecelakaan, penyakit, bahaya lingkungan, dan lainnya.

Perlindungan psikologis, perlindungan dari ancaman peristiwa atau pengalaman baru yang dapat mempengaruhi kondisi kejiwaan seseorang. Jenis kebutuhan yang kedua ini berhubungan dengan jaminan keamanan, stabilitas, perlindungan, struktur, keteraturan, situasi yang bisa diperkirakan, bebas dari rasa takut dan cemas dan sebagainya (Sarlito W. Sarwono, Berkenalan dengan Aliran-aliran dan Tokoh-tokoh Psikologi)

Setelah kebutuhan dan rasa aman relatif dipenuhi, maka timbul kebutuhan untuk dimiliki Cheap Ray Bans dan dicintai. Setiap orang ingin mempunyai hubungan yang sangat hangat dan akrab, bahkan mesra dengan orang lain. Ia ingin mencintai dan dicintai. Setiap orang ingin setia kawan dan butuh kesetiakawanan. Setiap orang pun ingin mempunyai kelompoknya sendiri, serta ingin mempunyai “akar” dalam masyarakat. Setiap orang butuh menjadi bagian Cheap Jordans dalam sebuah keluarga, sebuah kampung, suatu marga dan seterusnya. Kebutuhan akan harga diri dan perasaan dihargai oleh orang lain serta pengakuan dari orang lain. Di sisi lain, jika kebutuhan tiga relatif sudah terpenuhi, maka timbul kebutuhan akan harga diri (esteem needs). Ada dua macam kebutuhan akan harga diri.




Pertama, adalah kebutuhan-kebutuhan akan kekuatan, penguasaan, kompetensi, percaya diri dan kemandirian. Sementara yang kedua adalah kebutuhan akan penghargaan dari orang lain, status, ketenaran, dominasi, kebanggaan, dianggap penting dan suatu apresiasi dari orang lain.

Orang-orang yang terpenuhi kebutuhannya akan harga diri bakal tampil sebagai orang yang percaya diri, tidak tergantung kepada orang lain dan selalu siap untuk berkembang terus untuk selanjutnya meraih kebutuhan yang tertinggi yaitu aktualisasi diri. Apa yang telah disebutkan di atas merupakan kebutuhan-kebutuhan yang harus dipenuhi oleh negara terhadap warganya. Tentu saja secara keseluruhan, kebutuhan manusia jauh lebih luas dari yang From di konsepkan di atas. Tentu saja konsep Maslow di atas masih sempit dalam keseluruhan kebutuhan manusia. Namun, konsep Maslow di cheap football jerseys china atas bisa menjadi acuan dasar bagi negara untuk memenuhi kebutuhan warga negaranya.

Leave a Reply