Masjid Bawah Tanah Pisirici Kembali Dibuka sebagai Tempat Ibadah di Turki




Sebuah masjid yang terletak tujuh meter di bawah tanah, tepatnya di Pişirici Kastel berusia 734 tahun di Giantep, akan segera dibuka sebagai tempat cheap jordans online ibadah untuk pertama kalinya setelah hampir 80 tahun. Digambarkan sebagai ‘tempat di mana air terbagi’. Pisirici Kastel merupakan ‘kastel’ (waduk bawah tanah) tertua yang masih bertahan. Dulu Pişirici Kastel digunakan untuk mendistribusikan air ke rumah-rumah penduduk, sekaligus mencegah polusi dan evaporasi.

Di dalam kastel wholesale jerseys china tersebut terdapat pula area pemandian, toilet, area rekreasi, tempat wudhu, dan area mencuci. Kastel berusia 734 ini direstorasi oleh Regional Directorate of Foundations pada tahun 2006, tapi tidak dibuka sebagai tempat ibadah karena banyaknya jumlah masjid di area tersebut, yang bahkan sampai ditangani oleh pemerintah kota Şahinbey tahun lalu.




sumber foto: aa.com.tr

Pişirici Kastel dikembalikan sesuai dengan struktur aslinya dengan pemeliharaan proses restorasi sekitar satu tahun. Tempat ini terakhir kali digunakan sebagai tempat ibadah sekitar 80 tahun yang lalu, di mana Masjid Pişirici terletak di area kastel. Masjid Pişirici pun akan kembali dibuka dalam satu setengah bulan ke depan setelah proses restorasi selesai.

Wali Kota Şahinbey, Mehmet Tahmazoğlu mengatakan bahwa kastel-kastel dengan struktur unik hanya bisa ditemukan di Gaziantep. “Sepanjang sejarah hanya ada enam kastel yang bertahan. Pişirici Kastel adalah kastel paling penting di antara yang lain. Air dapat mencapai kastel-kastel ini melalui terowongan bawah tanah,” ujar Tahmazoğlu, saat menyampaikan juga tentang lokasi kastel yang berada tujuh meter di bawah tanah.

sumber foto: www.tripadvisor.ie

Mengingat kembali bahwa Masjid Pişirici dan kastelnya, termasuk dua kolam dan dua area pemandian, yang juga sebagai tempat rekreasi di masa lalu, Tahmazoğlu menginfokan bahwa stuktur alami bersejarah ini dibangun pada tahun 1283 dan telah mengalami restorasi berkali-kali.

“Saluran airnya masih aktif. Kami menyewa tempat ini setelah restorasi terakhirnya oleh Regional Directorate of Foundations. Kami akan membuka masjidnya dalam satu setengah bulan ke depan,” ujar Tahmazoğlu. “Tidak ada lagi struktur Cheap Jerseys From China seperti ini, baik di Turki maupun di seluruh dunia,” tambahnya. Ia juga mengatakan bahwa selain dibuka sebagai tempat shalat sebanyak lima kali sehari, Masjid Pişirici juga akan dibuka untuk para turis.

“Mereka (kastel-kastel, red) benar-benar memiliki struktur yang unik. Cuaca di bawah sini juga sangat sejuk, khususnya ketika musim panas.” Tahmazoğlu Cheap Jordans juga menambahkan bahwa mereka akan membuka Pişirici Kastel sebagai Cheap Jordan Shoes tempat wisata, dan ini bahkan telah menarik perhatian para turis. Ia menekankan bahwa restorasi keenam kastel  akan memberikan dampak luar biasa bagi bidang pariwisata di provinsi mereka.

Tahmazoğlu menyimpulkan, meskipun Pişirici dan kastel lainnya di kota tersebut telah menarik sekitar 300.000 pengunjung per tahunnya, angka ini akan terus bertambah hingga mencapai satu juta, jika proses restorasi telah selesai.

 

sumber: Daily Sabah

Leave a Reply