Pembangunan Masjid Cambridge Menunjukkan Kota ‘Welcome’ terhadap Islam




Sebuah masjid bernilai 15 juta Euro yang mampu menampung 1.000 jamaah tengah dibangun di Cambridge’s Road Mill. Wali kota Daniel Zeichner mengungkapkan bahwa Public ini memberikan satu pesan yang jelas kepada seluruh dunia. Pembangunan masjid ini menghadapi penentangan dari pihak oposisi English Defence League (EDL) yang melakukan protes penolakan terhadap konstruksi masjid. Meskipun aksi ‘pembalasan’ yang diikuti oleh masyarakat, yang setuju dengan pembangunan masjid, ternyata memiliki jumlah massa yang lebih banyak.

Rencana pembangunan masjid sebelumnya telah disetujui oleh Kepala Cambridge City Council. Sekarang pembangunan sedang berada dalam tahap penggalian bawah tanah untuk pembuatan tempat parkir, di mana di atasnya merupakan ruangan yang akan dibangun dengan kubah emas. Dalam situasi masyarakat Muslim yang penuh tekanan pasca terpilihnya Donald Trump sebagai presiden Amerika, walikota Cambridge menyerukan penerimaannya terhadap Muslim—termasuk pembangunan masjid besar di kotanya.

“Masjid ini merupakan simbol kekuatan bagi kota Cambridge. Saya ingat sepuluh tahun lalu pernah menyampaikan kepada masyarakat Muslim agar menemukan rumah mereka di Cambridge, karena saya melihat di masjid-masjid yang telah ada selalu penuh, khususnya di hari Jumat. Masjid ini pun akan menjadi bangunan yang mengesankan,” ujar Daniel Zeichner pada website News.




Sang wali kota juga mengatakan bahwa ia telah melihat desain bangunannya dan menghimbau masyarakat untuk melihatnya. “Masjid ini akan menyampaikan kepada dunia bahwa kota kami memiliki masyarakat yang welcome.” Ia sangat menyambut pembangunan masjid ini dan berharap masyarakat pun sama.

(Foto: Masjid Jamia Abu Bakar di Mawson Road/dok. Cambdridge News)

Masjid Jamia Abu Bakar yang sekarang cheap nhl jerseys berlokasi di Mawson Road ini dipindahkan ke samping Rumah Sakit Brookfields dan sebelumnya merupakan milik Robert Sayle. Masjid yang akan dibangun dengan konsep ramah lingkungan tersebut akan dilengkapi dengan tempat parkir, restauran, taman, tanaman atap, sistem water-recycling, oakley sunglasses cheap dan pencahayaan alami untuk mengurangi pencahayaan buatan. Rencana ini diajukan kepada Cambridge City Council oleh Muslim Academic Trust.

Cambridge Mulim Community (CMC) memulai donasi ‘pembelian batu bata’ sejumlah 350.000 batu bata senilai 1,40 Euro per buah, dan berharap dapat mencapai target donasi sejumlah 500.000 Euro. Cheap Ray Bans Kota Cambridge memiliki 7.000 penduduk Muslim. Sementara itu, jika telah Cheap Ray Ban Sunglasses selesai dibangun, masjid ini dapat menampung jamaah lebih banyak hingga 2.000 orang.

Ada lima tempat ibadah yang kini aktif di kota Cambridge, yaitu berlokasi di Mawson Road, Devonshire Road, Gilbert Road, Darwin Drive, dan King’s Hedges Road. Juru bicara proyek pembangunan masjid menyampaikan kepada website Cambridge News bahwa prosesnya akan memakan waktu sekitar dua tahun hingga konstruksinya selesai.

Halaman Facebook Cambridge Mosque Project (Proyek Masjid Cambridge) menyebutkan, “Sekarang Anda dapat menonton langsung melalui webcam dan melihat Cheap Ray Ban Sunglasses progres pembangunan Masjid Raya Cambridge. Alhamdulillah, sekarang tahap pembangunan sudah dimulai. Mari terus bergerak dengan memberikan dukungan dan donasi Anda.”

Misi proyek tersebut adalah, memenuhi kebutuhan masyarakat Muslim di Inggris dengan memberikan fasilitas yang baik dalam mempraktikan kepercayaan, community development, kohesi sosial, dan dialog antar-kepercayaan.

 

sumber: Cambridge News

Leave a Reply