Tidak Ada Yang Lancar Dalam Kehidupan




Sebagai anak bontot dari seorang kakak lelaki membuat ku terkadang berperan ganda sebagai seorang ibu juga, dengan menyiapi beberapa hal yang kakak inginkan, seperti kopi susu misalnya. Malam itu untuk kesekian kalinya aku mendengar kakakku mengatakan, doakan kerjaan baru kakak ini lancar ya dek, katanya sambil cheap football jerseys menyeruput kopi susu yang baru saja ku buatkan.

Aku mengernyitkan alis, selalu saja dia meminta doaku. Padahal entah sudah berapa kali aku ingatkan padanya, tidak ada yang lancar di dunia ini. Mengapa? tanya kakak jika aku mengatakan seperti itu. Dengan penuh kesabaran ku jabarkan apa yang aku fikirkan tentang pengertian semoga pekerjaan lancar, semoga kedepannya kehidupan kita lancar, semoga perjalanan lancar, atau apapun itu yang berhubungan dengan kelancaran dalam hidup.

Menurutku, kehidupan yang kita jalani ini tidak berjalan lancar. Jika memang kehidupan kita ini berjalan lancar, tidak mungkin kita akan saling berjuang, kita akan saling bersaing untuk kehidupan yang lebih baik. Dan entah bagaimana kehidupan manusia di dunia jika kita hanya meminta Allah melancarkan kehidupan kita.




Pernahkah kita berfikir mengapa selama ini kita hanya berdoa agar Allah melancarkan kehidupan kita, pekerjaan kita, usaha kita, sekolah kita, atau apapun itu. Bukankah untuk mendapatkan kelancaran itu kita harus melalui oakley sunglasses outlet berbagai kendala, kemacetan, bahkan jalan buntu. Lantas mengapa kita tidak meminta agar Allah senantiasa memberikan kita kekuatan, kemampuan, dan kesabaran dalam melewati segala kendala, kemacetan, dan jalan buntu tersebut untuk pada akhirnya memperoleh sebuah kelancaran. Sekali lagi, tidak ada yang lancar Ook dalam kehidupan kita ini.

Karena jika kita selalu berharap Allah melancarkan kehidupan kita, rasanya harapan itu kurang tepat jika kita melihat kenyataan yang terjadi, kehidupan kita selalu ditemani dengan berbagai ujian dan cobaan. Cara Allah menguatkan keimanan kita adalah dengan mengirimkan berbagai ujian kehidupan kepada kita. Tidak ada kehidupan yang lancar bukan?

Sebagai seorang muslim kita akan senantiasa diuji. Yang jadi pertanyaan, siapkah kita melewati ujian demi ujian yang silih berganti datang, bahkan tak jarang datang secara bersamaan. Masihkah kita berharap kehidupan ini berjalan lancar? Berdoa agar Allah melancarkan kehidupan, lantas sudahkah kita mempersiapkan diri agar senantiasa kuat dan mampu menerima ujian-ujian kehidupan tersebut dengan sabar.

Pernahkah kita berfikir seringkali kita merasa tak mampu melewati ujian-ujian tersebut? Padahal ujian kehidupan itu selalu datang tidak cheap oakleys sunglasses melebihi kemampuan manusia kata Allah. Lantas mengapa kita selalu marasa demikian? Karena kita selalu meminta agar Allah melancarkan kehidupan kita, dan lupa meminta kekuatan, kemampuan dan kesabaran dalam melewati segala ujian tersebut. Bagaimana mungkin Allah melancarkan kehidupan kita, sementara dalam diri kita  sendiri tak mampu melewati ujian demi ujian yang datang. Bahkan tak jarang berputus asa dan berprasangka buruk pada Allah.

Ingat, selama nafas masih di kandung badan, tak akan sepi ujian menerpa diri. Maka, mintalah kekuatan untuk melewati ujian dari sumber-Nya, Allah Yang Maha Kuasa.

Kamu sungguh-sungguh akan diuji terhadap hartamu dan dirimu. Dan (juga) Cheap Jordan Shoes kamu benar-benar akan mendengar dari orang-orang yang diberi al-Kitab sebelum kamu dan dari orang-orang yang mempersekutukan Allah, gangguan yang banyak yang menyakitkan hati. Jika kamu bersabar dan bertakwa, maka sesungguhnya yang demikian itu termasuk urusan yang patut diutamakan” (QS. Ali-Imran [3] : 186)

Leave a Reply