Lakukanlah apa-apa yang terbaik bukan karena orang lain, tapi karena dirimu sendiri. Kemuliaan bukanlah diukur dari apa yang tampak, diapresiasi, dan dibanggakan oleh manusia. Setiap kebaikan diri meski tidak ada yang melihatnya, ingatlah bahwa Allah senantiasa melihatmu dan malaikat juga setiap saat mencatatnya.

Karena kebaikan yang dibiasakan saat sedang sendiri, sudah pasti akan membawa pemiliknya haus akan kebaikan, dimanapun dan kapanpun, sehingga tidak ada bedanya, baik dihadapan orang lain ataupun sedang sendiri yang namanya kebaikan akan tetap kita senangi dengan sempurna dan bijaksana.




Begitu juga dengan keburukan, seseorang bisa saja menyembunyikannya dengan rapih dari pandangan seluruh manusia. Namun, siapakah yang mampu bersembunyi dari pandangan Allah Subhanahu wa ta’ala?

Adalah sahabat Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam yang terhormat, Ali bin Abi Thalib mengingatkan bahwa kita sebagai hamba-Nya harus senantiasa menjaga keikhlasan dalam beramal. Sama perlakuannya baik dilakukan sendiri maupun bersama orang lain.

Dirimu yang sebenarnya adalah apa yang kamu lakukan di saat tiada orang yang melihatmu.(Ali bin Abi Thalib)