Puasa Arafah: Dalil dan Keutamaan

zonamasjid

Puasa Arafah merupakan puasa sunah yang jatuh pada setiap tanggal 9 Dzulhijjah, tepat satu hari sebelum hari raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah.

Puasa ini merupakan salah satu anjuran ibadah bagi umat muslim yang tidak menunaikan ibadah haji.

Pelaksanaan puasa Arafah bertepatan dengan hari Arafah di Makkah. Jamaah haji melaksanakan wukuf di Padang Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah. Ibadah wukuf disebut sebagai inti dari penunaian ibadah haji.

Dalil dan Keutamaan

Ada banyak keutamaan dalam puasa Arafah bagi umat muslim yang menjalankannya, di antaranya ialah pahala yang berlipat ganda serta dapat menghapus dosa.

Rasulullah Saw. bersabda:

Puasa hari Arafah menebus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang dan puasa Asyura (10 Muharram) menebus dosa setahun yang telah lewat. (HR Ahmad, Muslim dan Abu Daud dari Abi Qotadah)

Selain itu, hadis lain menyebutkan bahwa melaksanakan puasa pada tanggal 9 Dzulhijjah dapat melebur dosa satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang.

Rasulullah SAW pernah ditanya tentang puasa hari Arafah, kemudian beliau menjawab, ‘Puasa itu dapat melebur dosa setahun yang telah berlalu dan setahun yang akan datang. (HR Muslim dalam Kitab Puasa)

Adapun maksud dari melebur dosa adalah dosa-dosa kecil selama satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang.

Rasulullah Saw. bersabda:

Tidak ada perbuatan yang lebih disukai oleh Allah SWT, dari pada perbuatan baik yang dilakukan pada sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah. (HR Bukhari)

Dalam buku Hikmah at-Tasyri’i wa Falsafatuha, ulama Syekh Al-Jurawy menuliskan tujuan dari anjuran puasa Arafah.

Tujuannya adalah agar umat muslim yang melaksanakan puasa memikirkan keadaan jamaah haji melaksanakan wukuf sambil mengumandangkan talbiyah.

Demikianlah keutamaan puasa pada tanggal 9 Dzulhijjah bagi umat muslim yang menunaikan. Wallahu a’lam.

Masjid Nusantara memiliki program Kurban Masjid Pelosok. Program ibadah kurban untuk disalurkan ke daerah pelosok yang minim kurban, bahkan di daerah yang belum pernah merasakan daging kurban. Temukan informasi lebih lanjut dengan cara klik di sini.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar