Sederet Peristiwa Penting di Bulan Muharram

zonamasjid

Muharram merupakan bulan pertama dalam hitungan tahun Hijriyah. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa memasuki bulan Muharram berarti memasuki tahun baru Islam.

Muharram merupakan salah satu dari empat bulan mulia yang terdapat dalam Al-Quran. Adapun di antara bulan mulia tersebut antara lain adalah Muharram, Rajab, Dzulqaidah, dan Dzulhijjah.

Allah Swt. berfirman:

Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagai mana) dalam ketetapan Allah pada waktu dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah bersama orang-orang takwa. (Q.S. At-Taubah : 36)

Dalam bulan Muharram terdapat salah satu hari istimewa yang disebut dengan hari Asyura, yaitu hari ke-10 di bulan tersebut. Pada hari Asyura, ada banyak peristiwa penting yang terjadi pada para Nabi terdahulu.

Di antara peristiwa-peristiwa penting tersebut, berikut ini adalah 7 peristiwa penting pada hari Asyura yang terjadi pada para Nabi.

PERISTIWA DI HARI ASYURA
  1. Nabi Adam as. bertobat kepada Allah Swt. dari dosa-dosanya. Allah Swt. menerima tobatnya di hari yang sama.
  2. Kapal Nabi Nuh berlabuh di bukit Zuhdi dengan selamat. Dengan demikian, Nabi Nuh dan pengikutnya selamat dari bencana banjir bandang yang melanda dunia.
  3. Nabi Ibrahim as. selamat dari siksaan Raja Namrud. Saat itu, Raja Namrud murka karena Nabi Ibrahim as. menghancurkan berhala.
  4. Nabi Yusuf as. bebas dari penjara mesir atas tuduhan menggoda istri Raja.
  5. Nabi Yunus selamat dari perut ikan paus yang melahapnya dalam perjalanan meninggalkan umatnya.
  6. Nabi Ayyub sembuh dari penyakit kulit yang menjadi ujian terbesarnya.
  7. Nabi Musa as. dan pengikutnya selamat dari kejaran Fir’aun di laut merah.

Demikian itu adalah beberapa peristiwa penting yang terjadi pada hari Asyura, sehingga membuat bulan Muharram menjadi istimewa. Pada bulan ini juga terdapat anjuran untuk lebih banyak melakukan amal baik dan semakin mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Gambar: Leone Venter

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar