Lakukan Hal Ini untuk Meraih Keutamaan Muharram

zonamasjid

Muharram merupakan salah satu bulan yang mulia, disebut juga dengan bulan haram. Bulan Muharram memiliki banyak sekali keutamaan, salah satunya adalah balasan pahala yang berlipat ganda.

Pada bulan Muharram, umat muslim akan mendapat kesempatan untuk mencari rahmat dan nikmat Allah Swt. yang tidak ada di bulan lainnya. Allah Swt. telah memilih bulan Muharram secara khusus sebagai salah satu momen untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Segala amal baik pada bulan Muharram akan mendapat ganjaran yang berlipat ganda, begitu pula dengan ganjaran untuk setiap perbuatan dosa. Dengan demikian, kita harus berhati-hati dalam bertindak di setiap situasi untuk mencegah diri dari perbuatan dosa dan memperbanyak amalan baik.

Dengan maksud dan tujuan yang benar, setiap tindakan kita akan mendapat kesempatan untuk menerima ganjaran yang berlipat ganda.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mendapatkan keutamaan bulan Muharram sebanyak-banyaknya.

  • Banyak mengucap salam. Tindakan sederhana seperti mengucap salam (mendoakan keselamatan) dapat menuai pahala yang tidak terhitung jumlahnya.
  • Tersenyum kepada semua orang. Sebuah hadis menyebutkan bahwa senyum adalah bagian dari sedekah. Tindakan sederhana ini dapat menambah berat pahala di bulan Muharram.
  • Bersedekah secara teratur. Muharram merupakan awal mula dari tahun baru Islam. Pada momen tersebut, umat muslim dapat membuat resolusi dan membentuk berbagai kebiasaan baik, salah satunya adalah dengan sedekah.
  • Memohon ampunan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Muharram adalah bulan mulia. Pada bulan ini, umat muslim dianjurkan untuk memohon ampunan kepada Allah Swt. sesering mungkin selama bulan ini.
  • Memperbanyak membaca Al-Quran. Membaca Al-Quran merupakan salah satu amalan yang selalu berada dalam setiap list amalan kebaikan. Selain itu, membaca Al-Quran juga merupakan cara yang sempurna untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Amalan-amalan tersebut tentu saja tidak secara spesifik dianjurkan untuk bulan Muharram. Meski demikian, meningkatkan amalan-amalan tersebut di bulan Muharram akan membuat kita memperoleh pahala yang berlipat ganda. Wallahu a’lam.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar