Masjid Al Aqsha: Istimewa Bagi Umat Islam

zonamasjid

Masjidil Aqsha adalah bagian penting iman kita. Allah berfirman dalam Al Qur’an, ada 3 masjid yang istimewa bagi umat Islam; Masjidil Haram di Makkah, Masjid Nabawi di Madinah, dan Masjidil Aqsha di Palestina.

“Maha suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.” (Q.S. Al Isra’:1)

Berbeda dengan dua masjid suci lainnya. Masjidil Aqsha sudah 100 tahun lepas dari kaum muslimin. Pada 1917, Masjidil Aqsha dan seluruh kawasan Baitul Maqdis jatuh ke tangan penjajah Inggris. Tahun 1967, mulailah penjajahan oleh Zionis Yahudi. Kaum muslimin yang ada di Palestina dan negara lain tak boleh masuk dan shalat di sini tanpa izin dari tentara Zionis.

Padahal Masjid Al Aqsha ini merupakan kiblat pertama umat Islam. Tempat yang didatangi Rasulullah SAW saat Isra Mi’raj. Merupakan Markaz dakwah para Nabi dan Rasul. Merupakan masjid kedua di muka bumi setelah Baitullah. 

Masjid Al Aqsha juga merupakan berkah bagi seluruh alam, disebutkan dalam Qur’an. Allah SWT Berfirman, “ Dan Kami selamatkan Ibrahim dan Luth ke sebuah negeri yang kami telah memberkahinya untuk sekalian manusia.” (Q.S. Al Anbiya:71)

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar